Friday, September 29, 2006

Uda Ganteng no 13

Congratulation 2 ma fren AZWAR n my senior da ADE alias Ragdi F. Daye (btw, dapet dari mane tuh nama da?!) atas terbitnya kumcer entitled "uda ganteng no 13".
Banyak hal baru dan unik yang IQ dapat ketika membaca kumcer ini, terutama yang berkaitan dengan budaya yang ada di sumatra becoz rata2 cerpen2 yang ada dalam kumcer ini emang ditulis berdasarkan latar belakang budaya penulisnya masing2 yang berasal dari berbagai daerah di pulau sumatra.
IQ baru tahu kalo ternyata di Aceh persoalan mengenai mahar cukup rumit. Ada adat yang mesti diturut demi sebuah harga diri (olala...)
IQ juga baru tahu kalo ternyata di Lampung ada adat yang 'menghalalkan' penculikan terhadap calon mempelai wanita bila pihak keluarga si wanita tidak menyetujui pernikahan tsb. Adat itu namanya 'Pekhagang' (ih syereeeem bo'!)
Dan ternyata perkawinan intern suku (kedua mempelai berasal dari suku yang sama) benar2 dilarang keras di ranah Minang yang katanya menganut adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah padahal Islam sendiri tidak pernah melarang (binun gue !!!). Kalo ada yang melakukannya maka harus siap untuk dikucilkan seumur hidup sampai2 bila ada sanak keluarga dari si pelaku yang meninggal dunia, orang sekampung dengan teganya tidak akan mengurusi jenazahnya. Astaghfirullah...hukum Allah terlibas oleh adat manusia yang hina :-(.
Ternyata....
Hemm, uda ganteng no 13?! Yang mana ya? Ko' IQ gak tau ya (^_^). Oh...uda supir yang mirip stanley itu ya, da ade?!
Waacks!!!...pemirsa sekalian ini adalah kisah tentang kampus limau manih nan megah. Emang sih, sejak pertama kali beroperasi bus kampus putih ijo slalu aja jadi masalah. Untuk bisa 'berkedudukan' dengan nyaman musti ngeluarin jurus andalan 'sikut kanan sikut kiri' n jurus meringankan tubuh tingkat 8 biar bisa mengejar bus impian (huehehehe...). Kalo gak bisa meraih 'kedudukan' yah 'berpendirian' pun jadilah, yang penting bisa sampai di kampus dengan selamat sentosa meski harus rela keinjek n keracunan bau keringat + kehabisan oksigen. Sarden geto loh!!! Yah namanya juga usaha demi masa depan (yang belon jelas hehehe...)
Nah...para blog reader sekalian, daripada bengong nungguin bedug buka mendingan sikat habis deh si 'uda ganteng no 13' ini. Critanya kumplit...plit mulai dari yang mengharukan sampe yang lucu ada semua. So...burrrrrrruaaaaaaaan beli (^_^)
NB/ ini bukan promosi loh!!! cuma mo ngasih info buku bagus (^_^)

No comments: