Wednesday, February 28, 2007

teaching with love


Mengajar itu ternyata menyenangkan. Be a teacher itu ternyata sangat menantang. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika saya mulai ikut-ikutan terjun di dunia 'hajar-menghajar' ^_^. Saya memulai karir dadakan ini ketika saya mule merasa bosan dengan aktivitas harian saya yang cuma ngampus-ngorganisasi-ngekos. Boseeeeen. Jadi saya mule mikir, mumpung jadwal kul ga penuh2 amat kenapa saya ga nyari aktivitas lain aja. So...ketika ada lembaga yang lagi nyari tenaga pengajar saya ikutan nimbrung jadi peserta tes. Alhamdulillah lulus dengan nilai terbaik *ujian kaleeeee...*. Sebagai peserta tes terbaik *wuaaa kesannya kok sok pinter bgt ya, padahal aslinya saya begonya ngujubile loh :D* saya dapat kesempatan pertama untuk mbagi-mbagi ilmu saya ke para penimba ilmu, anak TK n anak SD ^_^. Wow...Im so happy, they were so cute, so dilligent, n so smart. Karena kebetulan saya maniac kartun dan masih suka ngoleksi donal bebek yang artinya saya lumayan klop sama dunia anak-anak jadilah saya dan mereka kayak temen sekelas *wuahaha...masa kecil tak bahagia*. I love them n they love me hehehe...*boong bgt deh*.
Ada satu hal yang paling berkesan. Ketika itu ada salah seorang dari murid saya yang mengidap kelainan. Belakangan saya tahu kalo dia itu punya penyakit dyslexia *saya lupa ejaan yang benernya*, penyakit yang menyebabkan penderitanya tidak/kurang bisa membaca. Pantesan, tiap kali saya suruh baca or mengeja dia sangat kesulitan sekali. Lalu saya konsultasikan sama ibunya. Eh ibunya malah bilang anaknya emang agak bodoh. Ternyata si ibu gak tau kalo anaknya menderita kelainan itu. Dan ternyata di sekolah pun gurunya selalu mengatakan dia bodoh, dan dia sering dijewer, dihukum berdiri di depan kelas karena gak mau disuruh baca *guru paan tuh?!*, ya iyalah dia gak mo disuruh baca soalnya dia kan kesulitan membaca dan akhirnya sering diledekin ma temen2nya *itu curhatnya dia ma saya*. Yang bikin saya terharu...ketika ibunya bilang kalo anaknya itu lebih semangat ikutan les bahasa inggris dengan saya ketimbang pergi sekolah. Bukannya apa2...saya tiba2 merasa ada seseorang yang memerlukan saya dan sayang dengan saya *hiks..hiks..hiks..*. Emang sih, dia selalu jadi orang yang tiba paling dahulu dibanding saya, dan setiap kali saya baru nyampe dia langsung ngejar n nyium tangan saya *hiks..hiks..saya terharu*. Saya tidak tahu kenapa bisa begitu, yang jelas saya emang ga pernah marahin dia kalo dia susah n terbata-bata mengeja kata. Dan saya emang royal ngasih pujian sama peserta didik. Apa karena itu ya. Perasaan bahwa dia dihargai,mungkin itu yang menyebabkan dia selalu semangat untuk datang dan selalu berusaha untuk bisa membaca. Penderita dyslexia bukanlah orang bodoh, mereka tidak pernah menginginkan kelainan seperti itu. Thnx God, Allah memang adil...setiap kekurangan pasti juga diimbangi dengan kelebihan. Dia, murid saya itu, adalah anak yang tekun, pendiem dan ternyata...jago matematik. Dia tidak bodoh...orang-orang yang menganggap dia bodoh itulah yang bodoh.
Lain lagi pengalaman saya ketika mengajar di sebuah SMP semi pesantren. Saya suka ngasih hadiah permen bagi siapa saja yang bisa mengerjakan soal dengan cepat dan benar. Alhasil mereka sering berlomba-lomba untuk jadi yang pertama. Dan anehnya mereka suka minta PR. Saya jadi ketawa sendiri kalo mereka udah minta PR ato kalo mereka menolak dibantu menjawab soal yang agak susah. Wah...saya jadi kangen sama mereka.
Ketika menjadi teacher itulah saya menemukan energi saya. Tiap hari saya sibuk mikirin gimana caranya supaya para siswa itu suka sama bahasa inggris n gimana caranya supaya mereka mudah memahami. Well, sampe sekarang saya belum dapet rumus jitunya sih. Tapi saya selalu mencoba mengaplikasikan apa yang pernah diamanatkan oleh dosen bahasa jerman saya "Kunci dalam menimba ilmu itu cuma satu yaitu ikhlas. Yang memberi ilmu harus ikhlas membagi ilmunya dan yang nimba ilmu juga harus ikhlas menerima ilmu itu, insya4JJ ilmu yang sedang dipelajari itu akan mudah dan cepat dipahami". Wow, thx 4 ur valuable advice mom :). It works...yeah, I think it works ^_^. Teaching with love n ikhlas akan menjadi medium penghantar ilmu yang efektif, kata saya. Smoga saja benar. Wallahu alam bisshowab

No comments: