Friday, February 23, 2007

B nice 2 ur children

Anak adalah anugrah maka syukurilah dengan menyayangi dan mendidiknya sebagaimana mestinya. Anak adalah amanah, maka jagalah ia dengan baik dan ikhlas agar kelak si pemberi titipan berterima kasih padamu dengan surgaNya -saya-

Saya miris melihat cara kebanyakan ibu-ibu sekarang bergaul dan mendidik anaknya. Kok ya terasa ada yang hilang, aneh dan janggal.
Dalam perjalanan ke Bojong dengan kereta api, saya sebangku dengan ibu2 n anaknya yang mungkin masih berusia sekitar 6 th. Si ibu ini ngomel2 mulu sama anaknya karena si anak selalu minta jajan. Aktivitas marah itu sendiri saya anggap wajar dalam artian si ibu berniat memberi pengertian kepada putrinya, yang ga bener itu ya cara meluapkan marahnya itu. Sepanjang perjalanan mulut si ibu ga pernah berenti mangap *ikan kali...^_^* "lu tu ye, jajan mulu kerjaan lu. Lu kate nyari duit gampang. Awas ntar gue gampar lu ...bla...bla...bla..." Duh, tu enyak-enyak kayak ngomong ama siapa gitu, pake lu-gue. Saya jadi mikir, ntar kalo udah gede tuh anak gemana ya sama ibunya?!
Waktu saya masih di kos-kosan dulu. Setiap hari saya dengar ibu kos saya tereak-tereak ama anaknya. Saya aja pusing dengernya apalagi anaknya. Tiap hari anaknya dipukulin n disambitin. N tiap kali kami berusaha menengahi si ibu langsung menangis tersedu2. Duh pusiing. Emang sih anaknya bandelnya ngujubile, sampe2 para penghuni kos juga pada sebel tapi bukankah dia masih anak2?! Umurnya waktu itu masih 7 tahun. Saya sering tercenung setiap kali adegan itu diputar di depan hidung saya. Dari hasil pengamatan kami (saya n temen2 sekos), orang tuanya punya andil besar dalam mencetak prilaku anaknya yang demikian. Setiap kali anaknya berbuat salah pasti langsung dipukul sampe berdarah2 sementara kalo anaknya berbuat baik ga pernah dikasih penghargaan. Ketika berbicara dengan anaknya, si ibu slalu membahasakan dirinya dengan menyebut namanya bukan dengan kata ganti seperti 'ibu'/'mama'/'amak' dll. Jadi bukan kayak ibu sama anak, tapi kayak temen sebaya. Saya jadi mikir, apa ada kontak batin yang terjalin diantara mereka ya?! Hhhh...
Duh...gemana anak mo berbakti ama orangtua bila si orangtua sendiri tidak pernah 'berbakti' pada anaknya. Gemana si anak bisa mengenal apa itu kasih sayang bila sumber kasih itu sendiri tidak lagi penyayang. Yah...emang kiamat sudah dekat

NB: foto diatas adalah foto sepupu saya yang paling kecil, umurnya belum genap 2 tahun n dia masih nenen sama ibunya ^_^ (full ASI selama 2 tahun, makanya pinter). Saya paling hobi gangguin dia karena saya senang kalo ngliat mulutnya monyong2 kalo lagi kesel hahaha...Saya senang sekali mendengar dia ngoceh, lucu n menggemaskan. Sekarang saya lagi hobi ngajarin dia bahasa inggris, huahaha...lucu banget. Duh...jadi kepengen punya anak :-P

1 comment:

noldiaro said...

hahahahahahhahahahahha.....